lcRoHgqPZjWs3J6831YqB9z8W93RGUPK8UWFVz3x
Bookmark

KEPEMIMPINAN PELAYAN ( SERVANT LEADERSHIP)


Dr.Dr.Dra.Hj. Tita Meirina Djuwita, Dra, M.Si

  • Kepemimpinan Pelayan menurut Greenleaf dalam Sedarmayanti (2009) Adalah model kepemimpinan yang memprioritaskan pelayanan kepada pihak lain, baik pegawai, pelanggan atau masyarakat.
  • Esensi dari kepemimpinan pelayan yaitu melayani orang lain, yaitu pelayanan kepada pegawai, pelanggan dan masyarakat sebagai prioritas utama.
  • Tujuan dari pemimpin pelayan adalah melayani dan memenuhi kebuthan pihak lain, yang secara optimal seharusnya menjadi motivasi utama kepemimpinan.
  • Pemimpin pelayan akan mengembangan individu disekitarnya, membantu individu berhasil dalam kehidupan dan pekerjaannya

Karakteristik Pemimpin Pelayan, Yaitu :

  • Mendengarkan
  • Empati
  • Menyembuhkan
  • Kesadaran Diri
  • Persuasif
  • Konseptualisasi
  • Kemampuan melihat masa depan ( memiliki Visi)
  • Kemampuan Melayani
  • Komitmen pada pertumbuhan individu
  • Membangun komunitas. Spears dalam Sedarmayanri (2009)
Menurut Laub dalam Sedarmayanti (2009), Karakteristik Pemimpin Pelayan :
  • Menghargai Orang lain
  • Mengembangkan Orang lain
  • Membangun Komunikasi
  • Memperlihatkan Autensitas
  • Memberikan Kepemimpinan
  • Berbagi Kepemimpinan
Karakteristik Pemimpin Pelayan mempunyai tujuan tertinggi pemenuhan keinginan pada pengikutnya yaitu :
  • Mempunyai kepuasan yang tertinggi pertumbuhan dan perkembangan orang yang dipimpinnya
  • Rela menerima kewajiban
  • Menjunjung tinggi pertanggungjawaban pribadi
  • Mempunyai kasih yang penuh perhatian bagi orang yang dipimpinnya
  • Mau mendengarkan
  • Rendah hati, memiliki penilaian realistis
  • Rela berbagi kekuasaan yang dimiliki dengan orang lain dan dengan pengikutnya, ( Marshall, 1996 )
Beberapa ahli dan praktisi kepemimpinan mengutarakan karakteristik pemimpin pelayan sebagai berikut :
  • Rendah hati
  • Mencintai sesama
  • Memiliki harapan masa depan
  • Disiplin
  • Membimbing dan mengarahkan pengikut
  • Memprakasai dan mengambil inisiatif
  • Bertanggung jawab

Karakteristik Pemimpin Pelayan :

  • Cinta Kasih. Pemimpin melakukan sesuatu yang baik dengan alasan benar pada saat tepat.
  • Rendah hati, kemampuan menjaga keseimbangan antara kemampuan yang dimiliki dan kesadaran bahwa apa yang telah dicapai pemimpin dapat teradi karena kemampuan dan sumbangsih dari pengikut, bukan karena diri sendiri.
  • Altruisme , yaitu tindakan membantu orang lain secara tulus
  • Memiliki Visi, pemimpin membangun visi organisasi melalui pengumpulan aspirasi para pengikutnya.
  • Rasa Percaya, , pemimpin percaya bahwa bahwa dengan pemimpin pelayan yang bekerja bersama sama dengan anggota organisasi akan mengarah tercapainya visi organisasi
0

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar