lcRoHgqPZjWs3J6831YqB9z8W93RGUPK8UWFVz3x
Bookmark

PENGGOLONGAN BIAYA


R. M. Nurochman, S.E., M.Si

Secara umum, penggolongan biaya ditentukan atas dasar tujuan yang hendak dicapai dengan penggolongan tersebut

Dalam akuntansi biaya dikenal konsep “different cost for different purposes”

Biaya dapat digolongkan menurut :
  1. Objek pengeluaran
  2. Fungsi pokok dalam perusahaan
  3. Hubungan biaya dengan sesuatu yang dibiayai
  4. Perilaku biaya dalam hubungannya dengan perubahan volume kegiatan
  5. Jangka waktu manfaatnya

1. Menurut objek pengeluaran

Nama objek pengeluaran merupakan dasar penggolongan biaya. Misal nama objek pengeluaran adalah bahan bakar.

Maka semua pengeluaran yang berhubungan dengan bahan bakan disebut biaya bahan bakar. Demikian juga dengan biaya gaji dan upah, biaya depresiasi mesin, dll

2. Menurut fungsi pokok dalam perusahaan

Dalam perusahaan manufaktur, ada 3 (tiga) fungsi pokok yaitu fungsi produksi, fungsi pemasaran, dan fungsi administrasi & umum. Oleh karena itu dalam perusahaan manufaktur biaya dapat dikelompokkan menjadi 3 (tiga) kelompok, yaitu :
  • Biaya produksi
  • Biaya pemasaran
  • Biaya administrasi & umum
Biaya produksi; merupakan biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap dijual

Contoh :
  • Biaya depresiasi mesin dan ekuipmen
  • Biaya bahan baku
  • Biaya bahan penolong
  • Biaya gaji karyawan yang bekerja dalam bagian-bagian, baik yang langsung maupun yang tidak langsung berhubungan dengan proses produksi
Menurut objek pengeluaran nya, secara garis besar biaya produksi ini dibagi menjadi :
  • Biaya bahan baku
  • Biaya tenaga kerja langsung
  • Biaya overhead pabrik
Biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung disebut dengan istilah biaya utama (prime cos)

Sedangkan biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik disebut dengan istilah biaya konversi (conversion cost), yang merupakan biaya untuk mengonversi (mengubah) bahan baku menjadi produk jadi

Biaya Pemasaran

Merupakan biaya-biaya yang terjadi untuk melaksanakan kegiatan pemasaran produk

Contoh :
  • Biaya iklan
  • Biaya promosi
  • Biaya angkutan dari gudang perusahaan ke gudang pembeli
  • Gaji karyawan bagian-bagian yang kegiatan pemasaran
  • Biaya contoh

Biaya administrasi & umum

Merupakan biaya-biaya untuk mengoordinasikan kegiatan produksi dan pemasaran produk

Contoh
  • Gaji karyawan bagian keuangan, akuntansi, personalia, dan bagian hubungan masyarakat
  • Biaya akuntan
  • Biaya fotokopi
  • Jumlah biaya pemasaran dan biaya administrasi & umum sering disebut dengan istilah biaya komersial (commercial expenses)

3. Menurut hubungan Biaya dengan sesuatu yang dibiayai

Sesuatu yang dibiayai dapat berupa produk atau departemen. Dalam hubungannya dengan sesuatu yang dibiayai, biaya dapat dikelompokkan menjadi 2 (dua) golongan :
  • Biaya langsung
  • Biaya tidak langsung
Dalam hubungannya dengan produk, biaya produksi dibagi menjadi 2 (dua), biaya produksi langsung, dan biaya produksi tidak langsung dalam hubungannya dengan departemen, biaya dibagi menjadi 2 (dua), biaya langsung departemen, dan biaya tidak langsung departemen

Biaya langsung : adalah biaya yang terjadi, yang penyebab satu-satunya adalah karena adanya sesuatu yang dibiayai. Jika sesuatu yang dibiayai tersebut tidak ada, maka biaya langsung tidak terjadi. Biaya produksi langsung terdiri dari biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung

Biaya langsung departemen

Adalah semua biaya yang terjadi di dalam departemen tertentu

Contoh:
Biaya tenaga kerja yang bekerja dalam departemen pemeliharaan, merupakan biaya langsung departemen. Juga biaya depresiasi mesin yang digunakan dalam departemen pemeliharaan, merupakan biaya langsung departemen

Biaya tidak langsung

Adalah biaya yang terjadinya tidak hanya disebabkan oleh sesuatu yang dibiayai, Disebut juga biaya overhead

4. Menurut perilakunya dalam hubungan dengan perubahan volume aktivitas

Dalam hubungannya dengan perubahan volume aktivitas

Biaya dapat dgolongkan menjadi :
  • Biaya variabel
  • Biaya semi variabel
  • Biaya semi fixed
  • Biaya tetap

Biaya variabel :

Adalah biaya yang jumlah totalnya berubah sebanding dengan perubahan volume kegiatan

Contoh :
  • Biaya bahan baku
  • Biaya semi variabel
    • Adalah biaya yang berubah tidak sebanding dengan perubahan volume kegiatan
    • Mengandung biaya tetap dan biaya variabel

Biaya semifixed

Adalah biaya yang tetap untuk tingkat volume kegiatan tertentu, dan berubah dengan jumlah yang konstan pada volume produksi tertentu

Biaya tetap

Adalah biaya yang jumlah totalnya tetap dalam kisaran volume kegiatan tertentu

Contoh :
Gaji direktur produksi

5. Menurut jangka waktu manfaatnya

Dibagi menjadi :

a. Pengeluaran modal

Adalah biaya yang mempunyai manfaat lebih dari satu periode akuntansi

Contoh :
  • Pembelian aktiva tetap
  • Reparasi besar terhadap aktiva tetap
  • Pengeluaran untuk riset dan pengembangan

b. Pengeluran pendapatan

Adalah biaya yang hanya mempunyai manfaat dalam periode akuntansi terjadinya pengeluaran. Pada saat terjadinya, pengeluaran pendapatan dibebankan sebagai biaya dan dipertemukan dengan pendapatan yang diperoleh dari pengeluaran biaya tersebut

Contoh :
  • Biaya iklan
  • Biaya telex
  • Biaya tenaga kerja
0

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar