Dr.Dr. Hj.Tita Meirina Djuwita, Dra,M.Si
Konsep Strategi
- Strategi adalah sebuah rencana komprehensif yang mengintegerasikan resources dan capabilities dengan tujuan jangka panjang untuk memenangkan kompetisi.
- Strategy is the overall plan for deploying resources to establish a favourable position for certain action.
Keuntungan Manajemen Strategis
- Memberikan arah jangka panjang
- Membantu organisasi beradaptasi pada perubahan-perubahan yang terjadi
- Organisasi lebih efektif
- Mengidentifikasikan keunggulan komperatif
- Pembuatan strategi menjadi lebih efektif
- Keterlibatan individu dalam pembuatan strategi (memotivasi pada tahap implementasi)
- Overlapping pada aktivitas dikurangi
Menurut Wahyudi ( 1997 ), keuntungan manajemen strategis :
- Memberikan arah jangka panjang yang dituju
- Membantu organisasi
- Mengidentifikasikan keunggulan komperatif suatu organisasi dalam lingkungan yang semakin beresiko
- Membuat organisasi lebi efektf
- Aktivitas pembuatan strategi akan mempertinggi kemampuan organisasi untuk mencgah munculnya masalah di masa mendatang
- Ketertiban pegawai dalam pembuatan strategi akan lebih memotivasi mereka pada tahap pelaksanaannya
- Aktivitas yang tunpang tindih akan dikurangi
- Keengganan untuk berubah dari pegawai lama dapat dikurangi.
Karakteristik Suatu Tujuan Strategis Montanari (1990)
- Clear
- Acceptable
- Flexible
- Achievable
- Action oriented
KEBERHASILAN PERUMUSAN TUJUAN
- Akseptabilitas, yang berarti bahwa tujuan dapat diterima oleh berbagai pihak dalam organisasi.
- Fleksibilitas, yakni mudah untuk disesuaikan dengan perubahan yang begitu cepat.
- Dapat diukur, yang berarti bahwa tujuan harus dinyatakan dengan jelas dan nyata.
- Motivator, sebagai pendorong bagi kinerja yang memuaskan yang berarti bahwa tujuan harus dibuat menantang namun dalam batasan untuk dapat di capai
- Kesesuaian dengan rumusan visi dan misi organisasi
- Mudah dipahami.
Menurut Nugraha ( 2009), secara rinci keuntungan yang dapat diperoleh organisasi, baik organisasi publik maupun bisnis dengan menerapkan manajemen strategis adalah :
- Meningkatkan performa organisasi
- Memperbaiki proses manajemen dan partisipasi di dalam organisasi.
- Memperbaiki pengambilan keputusan
- Memperbaiki sikap, disiplin, dan motivasi individu di dalam organisasi
- Memperbaiki antisipasi dan kepedulian terhadap masa depan dan peluang yang terjadi
- Menentukan batas usaha/bisnis/kewenangan yang akan dilakukan.
Pengertian kinerja
- Kinerja →”performance”
- Robbins (1996) : kinerja = f(A x M x O)
- Kinerja merupakan fungsi dari kamampuan, motivasi, dan kesempatan
- Mitchell (1995) : Performance = ability x motivation
- Performance (kinerja) terkait:
- Prestasi kerja
- Pelaksanaan kerja
- Penampilan kerja
- Hasil kerja
- Unjuk kerja
- Mitchell (1995): kinerja meliputi :
- Quality of work
- Promptness
- Initiative
- Capability
- Communication
Post a Comment