lcRoHgqPZjWs3J6831YqB9z8W93RGUPK8UWFVz3x
Bookmark

KOMUNIKASI BISNIS PERTEMUAN KE 1



Dosen: Ade Sudrajat

A. PENGERTIAN KOMUNIKASI BISNIS

Bila kita merumuskan pengertian rumah sakit dengan menjelaskan lebih dulu pengertian rumah sebagai tempat tinggal dan sakit sebagai keadaan yang tidak baik dialami manusia, maka bila kita gabungkan dua kata itu menjadi rumah sakit akan menjadi apa maknanya?

Oleh sebab itu, kita berusaha menangkap makna komunikasi bisnis bukan sebagai paduan makna komunikasi dan bisnis, melainkan merupakan satu kesatuan yang memiliki makna khas.

Penjelasan pakar komunikasi bisnis. Rosenblatt, et al., (1977: 3) mendefinisikan komunikasi bisnis sebagai “pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi dan sebagainya yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal-sinyal untuk mencapai tujuan organisasi”

Dalam definisi tersebut, mengandung 6 unsur pokok komunikasi bisnis, yaitu :
  1. Bertujuan, berarti komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan pencapaian tujuan organisasi/lembaga. Bisa saja tujuan komunikasi tersebut bersifat formal atau informal, tapi tidak bersifat sosial kecuali yang sejalan dengan tujuan utama organisasi/lembaga
  2. Pertukaran, kegiatan ini melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yakni komunikator dan komunikan
  3. Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam bergantung tujuan, situasi dan kondisinya
  4. Saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka atau melalui siaran televisi yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan
  5. Simbol atau sinyal , merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti u/ menyampaikan atau mempertukarkan pesan. Simbol bisa bersifat positif (berenergi tinggi) atau negatif (berenergi rendah), sinyal bisa berbentuk verbal atau nonverbal. Tapi yang terpenting adalah bagaimana pesan yang disampaikan bisa dimengerti dengan baik.
    • Verbal = kom dl bentuk lisan atau tulisan 
    • Non Verbal = menggunakan bahasa tubuh seperti gerakan, raut wajah, gelengan kepala, tanda, tindakan dsb
  6. Pencapaian tujuan organisasi, bahwa setiap organisasi, apa pun bentuknya, pasti didirikan dengan maksud dan tujuan tertentu yg biasanya dirumuskan dl anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) organisasi tersebut
Begitu juga halnya dengan organisasi bisnis, tentu akan memiliki tujuan tertentu. Misalnya organisasi bisnis didirikan dengan tujuan memberikan keuntungan bagi pemegang saham dan menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat.
Biasanya tujuan organisasi bisnis dikategorikan menjadi
  • Tujuan produktif
  • Tujuan memelihara.
Rumusan tujuan komunikasi yg paling populer yaitu
a. menginformasikan
b. mendidik
c. menghibur,
d. mempengaruhi.

Dalam komunikasi bisnis, tujuan komunikasi tersebut tentu saja merupakan bagian dari upaya mencapai tujuan organisasi bisnis.

Komunikasi bisnis ini, bisa berlangsung di antara sesama karyawan/staf satu organisasi bisa juga dg orang lain yg berada di luar organisasinya. Bila komunikasinya mrpk perintah pd bawahan tentu komunikasi itu berlangsung di lingkungan organisasi. Namun bila ada pemberitahuan kpd masyarakat luas, tentu komunikasinya berlangsung dg orang yg berada di luar organisasinya. Komunikasi bisnis juga bisa terjadi antara satu organisasi dg organisasi lainnya. Satu perusahaan mengirimkan surat pd perusahaan pemasoknya, misalnya, mrpk contoh komunikasi yang berlangsung antara satu organisasi dg organisasi lainnya
Post a Comment

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar