Dosen : Ade Sudrajat
Gambar diatas menunjukkan, dl Organisasi X, Y dan Z masing-masing ada komunikasi. Komunikasi antara direksi, para manajer, & staf/karyawan. Komunikasi tsb bisa bertujuan memberikan informasi atau upaya mempengaruhi semangat kerja karyawan.
Intinya, pada setiap organisasi akan ada komunikasi. Di samping itu, kita juga melihat ada komunikasi di antara Organisasi X dengan Organisasi Y dan Z. Di samping ada komunikasi antara Organisasi X dengan masyarakat/publik A dan B.
Setelah kita mengetahui pengertian komunikasi bisnis dan “peta” komunikasi bisnis satu organisasi, kini pertanyaan kita adalah: Untuk apa atau mengapa berlangsung komunikasi bisnis?
Jawaban pertanyaan tsb sesungguhnya menunjukkan arti penting komunikasi bisnis dl kehidupan organisasi bisnis. Dl pandangan pakar komunikasi bisnis, keterampilan berkomunikasi mrpk keterampilan yg penting dimiliki o/ orang- orang yang berada pd satu organisasi.
Mengapa? Karena para pekerja organisasi akan termotivasi & giat bekerja u/ organisasinya bila di dl organisasi tsb para pekerja merasakan adanya arus komunikasi yg terorganisasikan dg baik.
Komunikasi yg efektif adl Komunikasi yg memungkinkan tercapainya tujuan organisasi. Dl prosesnya, komunikasi yg dilakukan itu bisa saja tujuannya :
a. menginformasikan,
b. mendidik,
c. Menghibur
d. mempengaruhi.
Manakala si karyawan tadi menjelaskan produk yg dihasilkan organisasinya dia sedang melakukan komunikasi yg tujuannya menginformasikan. Saat si karyawan mendapatkan penjelasan dari atasannya bagaimana perilaku yang diharapkan organisasi maka tujuan komunikasi itu adalah mendidik. Saat si karyawan bersama karyawan lain menikmati makan siang sambil bertukar cerita lucu, maka tujuan komunikasinya adalah menghibur. Namun saat si karyawan berusaha mempengaruhi pengambilan keputusan kliennya agar menggunakan produk organisasinya maka komunikasinya jelas bertujuan mempengaruhi.
Post a Comment