lcRoHgqPZjWs3J6831YqB9z8W93RGUPK8UWFVz3x
Bookmark

MAKNA KOMPETENSI DALAM MANAJEMEN STRATEGIS


Dr.Dr. Dra. Hj. Tita Meirina Djuwita, M.Si

Pengertian Manajemen Strategis

  1. Montanari, et. al. (1990; 2): suatu proses yang berkaitan dengan kemampuan internal organisasi dalam menghadapi tuntutan lingkungan eksternal organisasi yang diperlukan untuk mengalokasikan SDM dan Sumber Daya Material secara efektif.
  2. Certo dan Peter (1991): Manajemen Strategis adalah suatu proses yang berulang dan berkelanjutan yang bertujuan agar dapat memelihara organisasi senantiasa sepadan dengan lingkungannya.
  3. Hunger dan Wheelen (1996): Manajemen Strategis adalah seperangkat keputusan dan aksi manajerial yang menentukan kinerja jangka panjang suatu organisasi. Manajemen strategis meliputi scanning lingkungan, perumusan strategi, pelaksanaan strategi, serta pengendalian dan evaluasi. Karena itu studi tentang manajemen strategis menekankan pada pemantauan dan evaluasi peluang serta ancaman lingkungan berdasarkan kekuatan dan kelemahan organisasi
  4. Thompson dan Strickland (1995): Strategi merupakan rencana percaturan manajemen untuk memperkuat posisi organisasi, memuaskan pengguna produk atau jasa dan mencapai target-target kinerja
  5. Mintzberg (1996):
    • Strategi sebagai suatu rencana
    • Strategi sebagai suatu siasat atau taktik
    • Strategi sebagai suatu pola
    • Strategi sebagai suatu posisi
    • Strategi sebagai suatu perspektif
  6. Nisyar (1997) : Tujuan suatu strategi adalah untuk mempertahankan atau mencapai posisi keunggulan dibandingkan dengan pihak pesaing.
  7. Ansoff (1990) : Strategi merupakan “set of decisions making rules for guidance of organizational behavior”

Manfaat Manajemen Strategis

  1. Diperlukan untuk merencanakan perubahan dalam lingkungan yang semakin kompleks → peningkatan pelayanan masyarakat
  2. Diperlukan untuk pengelolaan keberhasilan
  3. Berorientasi pada masa depan (komitmen pada masa yang akan datang)
  4. Adaptif terhadap lingkungan
  5. Service excellence (pelayanan prima)
  6. Era globalisasi → masyarakat yang utama diperhatikan
  7. Meningkatkan komunikasi

Model Manajemen Strategis


PROSES MANAJEMEN STRATEGIS

  1. PENGAMATAN LINGKUNGAN
  2. PERUMUSAN STRATEGI
  3. IMPLEMENTASI STRATEGI
  4. EVALUASI DAN PENGENDALIAN

FAKTOR-FAKTOR STRATEGIS UNTUK MELIHAT MASA DEPAN

  1. STRENGHs (S)
  2. WEAKNESS (W)
  3. OPPORTUNITIES (O)
  4. TREATS (T)

ANALISIS EKSTERNAL KESEMPATAN DAN ANCAMAN

LINGKUNGAN EKSTERNAL :
  1. LINGKUNGAN KERJA
  2. LINGKUNGAN SOSIAL
LINGKUNGAN KERJA: ELEMEN YANG LANGSUNG BERPENGARUH ATAU DIPENGARUHI OLEH KEGIATAN UTAMA ORGANISASI

CONTOH :
  1. PEMEGANG SAHAM
  2. PEMERINTAH
  3. PEMASOK
  4. PELANGGAN
  5. PESAING

KRITERIA TUJUAN ORGANISASI

  1. Tujuan harus sesuai dengan visi dan misi organisasi.
  2. Tujuan yang dicapai merupakan pelaksanaan misi lembaga
  3. Tujuan merupakan jawaban dari permasalahan yang teridentifikasi dalam kajian lingkungan internal/eksternal serta dapat dikembangkan menjadi isu-isu strategis .
  4. Tujuan tidak akan mengalami perubahan yang mendasar, kecuali terjadi perubahan yang mendasar dalam menghadapi isu strategis tertentu.
  5. Tujuan pada umumnya mencakup jangka waktu yang relatif panjang.
  6. Tujuan menggambarkan hasil yang ingin dicapai organisasi.
  7. Tujuan menunjukkan secara jelas arah lembaga dan program-programnya.
0

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar