lcRoHgqPZjWs3J6831YqB9z8W93RGUPK8UWFVz3x
Bookmark

Cara mengunduh Mendeley dan Publish Or Perish serta Cara Menggunakanya


Cara Menggunakan Mendeley banyak digunakan untuk menulis referensi. Namun ternyata masih banyak yang belum mengetahui panduannya. Mungkin kamu salah satunya?

Tidak perlu khawatir, sebab kami akan mengulasnya secara lebih dalam tentang cara menggunakan mendeley. Sudah tidak sabar? Simak sampai akhir ya!
  1. Download Mendeley
  2. Membuka Mendeley dan login/signup
  3. Install : Menghubungkan Mendeley ke Word
  4. Kembali ke Mendeley
  5. Membuat Folder/Opsional
  6. Drag File/Masukan Manual sebagai berikut
  7. Bantuan Cari jurnal Publish Or Perish
  8. Cek Kelengkapan File Pada PDF
  9. Menulis Sitasi Secara Otomatis
  10. Masuk ke Word dan cari kalimat/pendapat yang ingin di sitasi
  11. Membuat Daftar Pustaka

Mendeley sebagai Teknik Menulis Referensi

Referensi dibutuhkan ketika melakukan teknik menulis buku. Penulis yang menggunakan referensi akan membandingkan ide, gambaran, dan hasil yang telah dicapai oleh penulis sebelumnya untuk mendukung isi tulisannya. Biasanya referensi dicantumkan dalam bentuk sitasi atau daftar pustaka.

Saat melakukan teknik menulis, referensi yang dicantumkan ditulis secara manual. Penulis akan mengetik huruf demi huruf kalimat yang dikutipnya. Padahal hal ini cenderung tidak efisien. Belum lagi jumlah kutipan atau referensi yang dicantumkan juga tidak sedikit. Kemudian ketidakcermatan saat mengetik juga bisa berakibat pada kesalahan penulisan referensi. Untuk mengantisipasi hal ini, penulis dapat menggunakan cara-cara alternatif agar penulisan referensi, sitasi, atau daftar pustaka bisa lebih mudah, akurat, dan cepat.

Kemudahan menulis referensi juga didukung oleh pesatnya perkembangan teknologi. Kini, banyak sekali vendor software yang berbasis comercial software atau freeware yang menyediakan program reference manager. Program tersebut akan memudahkan penulis dalam mencantumkan referensi. Ada berbagai macam software yang dapat dipilih untuk mempermudah menuliskan referensi, salah satunya Mendeley.

Cara menggunakan mendeley Bagi dosen pastinya sudah tidak asing lagi dengan mendeley satu ini. Selain memudahkan dan menguntungkan, mendeley juga mempercepat proses dalam penyusunan daftar referensi dalam karya ilmiah.

Jadi pada kesempatan kali ini akan berbagi bagaimana menggunakan mendeley bagi pemula yang ingin menggunakan aplikasi satu ini.

Cara Menggunakan Mendeley

Berikut cara menggunakan mendeley yang perlu Anda ketahui:

1. Download Mendeley

Tentu saja perlu mendownload terlebih dahulu Mendeley. Caranya cukup sederhana, cuku mendaftarkan email dan password di mendeley. Dibagian kanan atas akan adam pilihan sebagai berikut


Anda cukup klik Download.

2. Membuka Mendeley dan login/signup



Setelah masuk, Anda bisa langsung membuka mendeley dan akan muncul tampilan sebagai berikut.

3. Install : Menghubungkan Mendeley ke Word

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan mendeley ke Ms. Word dengan cara melakukan install ms Word ke Plugin, masuk ke Insert Klik Get-Add Ins. 

Setelah itu cari mendeley cite, kemudian setelah terdownload, langkah selanjutnya lakukan install. Saya yakin semua banyak yang sudah tahu bagaimana cara menginsstal.

Setelah terpasang dan terintegrasi dengan Ms Word. Barulah bisa digunakan. Ketika kita membuka Word, maka akan muncul di menu file sebagai berikut.



Dari gambar di atas, Anda sudah bisa melihat ada tambahan menu yang bisa dijadikan sebagai cara menggunakan mendeley nantinya. untuk versi terbaru mendeley cite berada di pojok kanan atas.

4. Kembali ke Mendeley

Selanjutnya, Anda diminta untuk kembali ke Mendeley.

5. Membuat Folder/Opsional

Jadi File PDF yang ada dibuatkan folder terlebih dahulu, ini berfungsi untuk memudahkan di proses selanjutnya. Untuk membuat folder, dapat dilihat pada gambar berikut

6. Drag File/Masukan Manual sebagai berikut


Semua file yang sudah ada, langsung di drag ke aplikasi mendeley. Gambar bisa dilihat sebagai berikut


7. Bantuan Cari jurnal Publish Or Perish

- Unduh Publish Or Perish Download
- Instal Publish Or Perish
- Setelah instal maka akan muncul tampilan sebagai berikut 

- Setelah itu pilih google Scholer untuk mencari jurnal max 1000 jurnal
- Maka akan muncul tampilan seperti berikut

- Setelah itu silahkan ketikan keyword jurnal yang akan di cari dan isi jumlah jurnal nya sebagai berikut, setelah itu klik search/enter

- Setelah itu akan muncul jurnal yang dicari, untuk melihat jurnal silahkan klik dua kali di judul jurnalnya.
- Selanjutnya untuk menyimpan jurnal ke Mendeley, Pilih Save Result di sisi kanan

 - Selanjut Pilih Results as RIS/RefManagere

- Kemudian Save lalu beri Nama sesuai yang anda butuhkan

- Sealnjutnya masuk ke Mendeley, kemudaian klik +Add New lalu Pilih Import Library lalu pilih RIS (*.ris)

- Selanjutnya pilih File yang ingin di masukan dengan format ris lalu Open maka otomatis akan terupload ke mendeley 

8. Cek Kelengkapan File Pada PDF.

Terkadang, banyak file PDF yang tidak memilii identitas lengkap seperti nama penulis, tahun, nama jurnal dsb. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus melakukan editing secara manual. Sebaliknya, jika semua file PDF sudah lengkap, maka Anda bisa langsung dan otomatis tersusun

9. Menulis Sitasi Secara Otomatis

Langkah selanjutnya adalah membuat sitasi referensi secara otomatis. Cara menggunakan mendeley sebenarnya cukup sederhana. Sebagai berikut.

10. Masuk ke Word dan cari kalimat/pendapat yang ingin di sitasi

Setelah Anda memilih kalimat yang ingin di sitasi, simpan kursor sesudah kalimat tersebut dan beri space 1, seperti gambar di bawah

Selanjutnya cari jurnal atau keyword jurnal yang ingin di masukan sitasi, setelah itu klik insert 1 citation

Setelah itu maka akan seperti gambar berikut 

Jika ingin mengedit secara menual, seperti ingin merubah bulan dan menambahkan halaman, klik manually override maka akan tampil seperti berikut 

Silahkan edit sesuai pedoman anda, setelah itu klik Save Changes


Maka akan muncul sebagai berikut

11. Membuat Daftar Pustaka

Langkah terakhir membuat daftar pustaka, yaitu dengan klik Reference, Klik titik 3 kemudain pilih Insert Bibiliography

Maka akan secara otomatis daftar pustaka akan tersusun sendiri.

Cara-cara di atas dapat digunakan oleh penulis untuk menambahkan sitasi saat dalam proses melakukan teknik menulis. Cara tersebut lebih efektif dilakukan sehingga penulis tidak perlu menulis satu persatu referensi yang digunakan. Hal ini juga meminimalisasi kesalahan pengetikan dalam pencantuman referensi.

Dengan menggunakan cara tersebut, penulis akan lebih cepat dalam menyelesaikan penulisan bukunya. Tidak hanya digunakan untuk melakukan teknik menulis, software Mendeley juga dapat digunakan ketika seseorang menulis makalah, jurnal, atau artikel ilmiah. Berbagai tulisan yang menggunakan daftar pustaka, sitasi, dan kutipan dapat diselesaikan dengan bantuan Mendeley.
Post a Comment

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar