Dosen : Ade Sudrajat
PROSES KOMUNIKASI
Kita bisa menambahkan gambar lingkaran yang menunjukkan konteks komunikasi pada Gambar 1.1. Model Komunikasi Shannon dan Weaver. Penambahan tersebut membuat gambar tersebut menjadi seperti berikut ini.
Gambar 1.2
Konteks Komunikasi
Konteks tersebut adakalanya tidak bersifat tunggal seperti konteks organisasi saja atau bisnis saja. Bisa juga konteksnya banyak. Sebutlah sebagai tambahan konteks budaya. Maka dalam komunikasi yang berkonteks bisnis itu akan ada juga konteks budayanya.
Karena bagaimana pun, kegiatan komunikasi dan bisnis itu akan berlangsung dalam ruang budaya tertentu. Dalam budaya itu akan ada sistem kognitif (sistem pengetahuan), sistem etik atau nilai-nilai dan sistem estetik atau konsep tentang keindahan.
Apa yang dimaksud dengan konteks komunikasi? Mulyana (2005a: 69-70) menjelaskan konteks komunikasi adalah semua faktor yang berada di luar orang yang berkomunikasi.
Faktor-faktor tersebut oleh Mulyana dikelompokkan menjadi :
- Fisik : cuaca, suhu udara, dan warna dinding;
- Psikologis : sikap,kecenderungan dan prasangka;
- Sosial : norma kelompok dan nilai sosial,
- Waktu : saat komunikas berlangsung.
Kita bisa melihat model komunikasi yang lain, yang secara tak langsung sesungguhnya juga menunjukkan konteks komunikasi yaitu Model S-C-M-R dari David K. Berlo. Kita perhatikan gambar berikut ini.
Sumber: Mulyana (2005a: 151)
Gambar 1.3. Model Berlo
Berlo menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi komunikator (sumber) dan komunikasi (penerima) yaitu :
- Keterampilan komunikasi
- Sikap
- Pengetahuan
- Sistem sosial dan budaya.
Sedangkan pesannya sendiri dikembangkan berdasarkan :
- Elemen pesan
- Struktur pesan
- Isi pesan
- Perlakuan (treatment) pesan
- Kode pesan
Sedangkan saluran yang dipergunakan dalam komunikasi akan berkaitan dengan pancaindra kita. Dalam model tersebut, dikemukakan pengaruh pada sumber dan komunikan yang bisa menjadi konteks komunikasi.
Dari model tersebut kita bisa melihat bagaimana:
- Keterampilan komunikasi menjadi salah satu faktor penting dalam proses komunikasi.
- Keterampilan komunikasi akan mendorong manusia mempelajari komunikasi.
- Keterampilan komunikasi bisa melakukan komunikasi yang efektif.
- Bagaimana pesan yang kita buat itu mengikuti struktur tertentu, misalnya. Apa yang dikemukakan Berlo ini penting kita kuasai untuk memahami praktik komunikasi bisnis yang akan kita pelajari berikutnya.
Post a Comment